Alimrois's Blog

perawat rsud demak

pantaskah memohon mati? 30/11/2010

Filed under: aktivitas harian,cerita inspiratif — alimrois @ 21:42

Saat pertama terlihat pasien ini biasa2 saja, yang mencolok adalah tampak pada kaki kirinya luka yang biasa terjadi pada pasien kencing manis atau ulkus DM. Benar saja saat aku tanya bahwa beliau menderita kencing manis atau DM sejak 5 tahun yang lalu. Tak terpikir sesuatu yang aneh, karena dengan umur sekitar 45-an dengan kulit yang lumayan bersih terlintas bahwa beliau adalah orang berada atau mungkin seorang PNS.

Namun semua tak seperti yang terlintas dipikiranku. Beliau pasien jamkesmas dan semua menjadi jelas saat  aku berkata, bahwa kenapa setelah seperti ini baru dibawa ke Rumah Sakit,terucap dari mulut beliau  <span>“YACH MAS, NJALUK MATI YO ORA MATI2 KOK”</span>.  Bagai tersadar dari mimpi aku terkejut mendengar perkataannya. Tak banyak yang bisa aku katakan untuk menanggapi, aku hanya berkata “ya, ga boleh gitu pak, semua pasti akan baik2 saja”  sesaat setelah aku selesai bicara, seseorang lelaki disebelahnya yang aku kira masih saudara yang ternyata adalah perangkat desa menimpali “ Dia orang yang ga mampu kok mas,ga punya saudara juga”,tambah jelas lagi. Kemudian beliau menambahi “ Saudara saya semua diluar jawa mas, bapak gangguan jiwa, istri meninggalkan saya 5 tahun lalu sejak saya punya penyakit ini,saya juga punya anak 1 ikut ibunya, lha td saja saya meminta dengan menangis2 sama pak perangkat untuk diantarkan ke sini kok mas”

 

Ya Allah ada juga orang yang seperti ini,pikirku dalam hati. Setelah berbincang2 akhirnya aku tahu cerita yang sebenarnya,bahwa beliau sekarang hidup bersama bapaknya yang 2 tahun lalu mengalami gangguan jiwa sepulang merantau dari Kalimantan, sementara istri dan anaknya meninggalkan beliau ke rumah mertuanya 5 tahun yang lalu. Selama ini beliau melanjutkan hidup dengan bekerja serabutan diantaranya sebagai kuli bangunan.

Sudah pantaskah beliau meminta “mati” kepada Tuhannya dengan semua yang telah menimpanya?

Semoga Allah memberi kekuatan kepada beliau…amiin….

 

Tinggalkan Balasan

